IKATAN DOKTER INDONESIA (THE INDONESIAN MEDICAL ASSOCIATION), didirikan di Jakarta pada tanggal 24 Oktober 1950. IDI merupakan wadah organisasi profesi bagi seluruh dokter yang ada di Indonesia, baik Dokter Umum maupun Dokter Spesialis.

Sejak berdiri sampai kini IDI Cabang Jakarta Utara memiliki peran yang strategis, selain kekhasan wilayahnya, juga kemajemukan warga Jakarta Utara dan sekitarnya turut mewarnai perjalanan nya. Hingga kini IDI sudah mengabdi masyarakat dan anggota selama puluhan tahun, pasang surut dalam organisasi selalu ada.

Pada bulan Juli 2015, Musyawarah Cabang IDI Jakarta Utara mengadakan┬ápemilihan Ketua Umum, karena berakhirnya masa kepengurusan yang lama. Dr. Dharmawan A. Purnama, SpKJ terpilih sebagai Ketua Umum untuk masa jagatan 2015 – 2018.

IDI Cabang Jakarta Utara saat ini sudah mempunyai anggota sebanyak 2102 orang dokter, yang terdiri dari 1.927 dokter umum dan 175 dokter spesialis. Dengan potensi yang demikian banyak, peran aktif dan saling tukar informasi keilmuan menjadi sarana penting dalam merealisasikan setiap program kerja IDI Cabang Jakarta Utara yang disesuaikan dengan Visi, Misi dan Program Umum.

V I S I :

Menjadikan IDI sebagai organisasi profesi Kedokteran Nasional yang mandiri dan berwibawa.

M I S I :

  1. Mengupayakan peningkatan kemampuan profesional yang beretika

  2. Mengembangkan peran yang bermakna dalam meningkatkan derajat kesehatan rakyat Indonesia

  3. Menyuarakan aspirasi, mengupayakan kesejahteraan dan memberikan perlindungan kepada segenap anggota

  4. Mengembangkan standar pelayanan profesi, standar etika dan memperjuangkan kebebasan profesi yang mampu menyelaraskan perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran dengan tutunan dan kebutuhan masyarakat